Rabu, 22 Agustus 2018

Fungsi dan Peranan Humas

Lanjutan dari Karakteristik Humas..


5.  FUNGSI dan PERANAN HUMAS
Fungsi humas menurut IHUMASA          
  Penelitian yang diadakan oleh International Public Relations Association (IHUMASA) pada tahun 1981 menyimpulkan bahwa pada umumnya fungsi HUMAS/humas masa kini meliputi 15 pokok yaitu:
1)             Memberi konseling yang didasari pemahaman masalah humasilaku manusia.
2)             Membuat analisis "trend" masa depan dan ramalan akan akibat-akibatnya bagi institusi.
3)             Melakukan riset pendapat, sikap dan harapan masyarakat terhadap institusi serta memberi saran tindakan-tindakan yang diperlukan institusi untuk mengatasinya.
4)             Menciptakan dan membina komunikasi dua-arah berlandaskan kebenaran dan informasi yang utuh
5)             Mencegah konflik dan salah pengertian
6)             Meningkatkan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab sosial.
7)             Meningkatkan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab sosial.
8)             Meningkatkan itikat baik institusi terhadap anggota, pemasok dan konsumen
9)             Memperbaiki hubungan industrial
10)         Melakukan penyerasian kepentingan institusi terhadap kepentingan umum
11)         Menarik calon tenaga yang baik agar menjadi anggota serta mengurangi keinginan anggota untuk keluar dari institusi.· Memasyarakatkan humasoduk atau layanan
12)         Mengusahakan perolehan laba yang maksimal
13)         Menciptakan jadi diri institusi
14)         Memupuk minat mengenai masalah-masalah nasional maupun ternasional
15)         Meningkatkan pengertian mengenai demokrasi
Pekerjaan petugas Humas   
Bagian penting dari pekerjaan petugas Humas dalam suatu organisasi adalah:
1)      Membuat kesan (image), yaitu gambaran yang diperoleh seseorang tentang suatu fakta sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pengertian mereka (terhadap suatu produk, orang, atau situasi).
2)      Pengetahuan dan pengertian. Humas memiliki peran penting dalam membantu menginformasikan pada publik internal (dalam organisasi) dan publik eksternal (luar organisasi) dengan menyediakan informasi akurat dalam format yang mudah dimengerti sehingga ketidak-pedulian akan suatu organisasi, produk, atau tempat dapat diatasi melalui pengetahuan dan pengertian.
3)      Menciptakan ketertarikan. Humas juga harus dapat menciptakan ketertarikan publik dalam suatu situasi atau serial situasi, yang bisa jadi berpengaruh besar dalam suatu organisasi atau sekelompok orang.
4)      Penerimaan. Masyarakat mungkin bersikap melawan pada sebuah situasi karena mereka tidak mengerti apa yang sedang terjadi, atau mengapa hal tersebut terjadi. Profesi humas mempunyai peran kunci untuk menjelaskan sebuah situasi atau kejadian dengan sejelas-jelasnya sehingga ketidak-pedulian, dan bahkan sikap menentang, yang menjadi atmosfer disekelilingnya dapat diputar menjadi pengertian dan penerimaan.
5)      Simpati. Dengan mengemukakan informasi secara jelas dan tidak bias, umumnya merupakan cara yang berhasil untuk meraih simpati.

Peranan humas dapat dibedakan menjadi 2 yakni peranan manajerial dan peran teknis. Peranan manajerial dapat diuraikan menjadi 3 peranan, yakni expert pereciber communication, prooblem solving process facilitator dan communicatoin facilitator.
Keempat peran tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.        expert pereciber communication
Petugas Humas dianggap sebagai orang yang ahli. Dia menasehati pimpinan perusahaan/organisasi. Hubungan mereka diibaratkan seperti hubungan dokter dan pasien.
2.        Poblem solving process facilitator
Yakni petugas humas melibatkan diri atau dilibatkan dalam setiap manajemen/krisis. Dia menjadi anggota tim bahkan bila tidak memungkinkan menjadi leader dalam penanganan krisis manajemen.
3.        Communicatoin facilitator
Petugas humas sebagai fasilitator atau jembatan komunikasi antara publik dengan perusahaan sebagai media atau penegah bila ada misscommunication.
4.        Technician Communication
Petugas humas dianggap sebagai pelaksana teknis komunikasi yang menyediaka layanan di bidang humas.

Ada 3 tugas humas dalam organisasi yang berhubungan erat dengan tujuan dan fungsi humas yakni :
1.        Menginterpretasikan , menganalisis dan mengevaluasi kecenderungan perilaku publik,kemudian direkomendasikan kepada manajemen untuk merumuskan kebijakan organisasi.
2.        Mempetemukan kepentingan organisasi/lembaga dengan kepentingan publik.
3.        Mengevaluasi program humas-program humas organisasi/lembaga,khususnya yang berkaitan dengan publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  PEMBATIK 2020 PEMBUKAAN KULIAH UMUM PEMBATIK LEVEL 4   Opening Remarks : Nadiem Anwar Makarim, B.A., MBA. Master of Ceremony: Dhoni ...